Senin, 03 Desember 2012

Pengolongan komputer

Penggolongan computer di bagi menjadi beberapa kelompok, salah satu nya berdasarkan data yang diolah. Komputer menurut data yang diolah dibagi 3 yaitu :
-         Analog computer
-         Digital computer
-         Hybrid komputer

  1. 1. Analog Computer
Komputer Analog adalah komputer yang banyak digunakan pada proses pengontrolan pada pabrik kimia, pembangkit listrik, penyulingan minyak, dan pada tempat-tempat yang datanya bersifat continue dan bukan berbentuk angka karena pada umunya output dari komputer analog ini digunakan untuk pengaturan dan pengontrolan suatu mesin. Akurasi dari komputer analog ini kurang tepat dibandingkan komputer digital namun dalam proses pengerjaannya komputer analog ini lebih cepat dari komputer digital.

Komputer analog digunakan untuk mengolah data yang sifatnya berkelanjutan (continuous) bukan berupa data angka, melainkan dalam bentuk fisik seperti arus listrik, temperatur, kecepatan, tekanan, dan lain-lain. Output komputer analog biasanya berupa pengaturan atau pengendalian (control) sebuah mesin. Komputer ini banyak digunakan pada pengendalian industri kimia, pembangkit listrik, penyulingan minyak, atau rumah sakit untuk memantau denyut jantung. Kelebihan jenis komputer ini adalah pada kecepatan yang dimilikinya dalam menerima data dalam besaran fisik dan langsung mengolah data tersebut tanpa harus melalui proses konversi.
Keluaran yang dihasilkan biasanya dalam bentuk grafik. Kekurangan yang dimilikinya terletak pada ketepatan yang dimilkinya masih lebih rendah dibanding jenis komputer digital.
♦ Output dari komputer analog umumnya adalah untuk pengaturan atau pengontrolan suatu mesin, misalnya untuk mengatur temperature di dalam suatu alat pembakaran.
♦ Keuntungan komputer analog adalah kemampuannya untuk menerima data dalam besaran fisik dan langsung mengukur data tertentu tanpa harus dikonversikan terlebih dahulu seperti pd komputer digital sehingga proses komputer analog lebih cepat dibandingkan dengan komputer digital.
♦ Kelemahan komputer analog adalah terletak pada faktor ketepatannya. Komputer digital lebih tepat dibandingkan dengan komputer analog.


2. Digital Computer
  1. Komputer Digital adalah komputer yang biasa digunakan pada aplikasi bisnis dan aplikasi teknik karena data pada komputer digital berbentuk angka atau huruf. Keunggulan dari komputer digital adalah proses datanya lebih akurat daripada komputer analog, dapat menyimpan data, dapat melakukan operasi logika, dapat mengoreksi dan menghapus data yang telah dimasukan, dan output dari komputer digital dapat berupa gambar ataupun grafik

Komputer digital digunakan untuk mengolah data dalam bentuk angka atau huruf. Jenis komputer ini biasa digunakan untuk aplikasi bisnis dan teknik, comtohnya PC yang banyak digunakan orang. Keunggulan komputer digital adalah tingkat ketepatannya yang lebih tinggi dibanding komputer analog, dapat menyimpan data, dapat melakukan operasi logika, data yang disimpan dapat dikoreksi, output yang dihasilkan dapat berupa angka, huruf, grafik, atau gambar.
♦ Biasanya dipakai untuk aplikasi bisnis dan aplikasi teknik
♦ Keunggulan komputer digital adalah :
o Memproses data lebih tepat dibanding komputer analog
o Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan untuk diproses
o Dapat melakukan operasi logika
o Data yang telah dimasukkan dapat dikoreksi atau dihapus
o Output dari komputer digital dapat berupa angka, hurup, grafik maupun gambar





3 .Hybrid Computer
Komputer hybrid merupakan kombinasi antara komputer analog dan komputer digital. Karena digunakan untuk aplikasi khusus, diperlukan komputer yang lebih cepat dari komputer digital dan lebih tepat dari komputer analog.
Komputer hybrit merupakan jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif ataupun kualitatif. Komputer jenis ini banyak digunakan oleh pelbagai rumah sakit yang digunakan untuk memeriksa keadaan tubuh dari pasien, yang pada akhirnya, komputer bisa mengeluarkan pelbagai analisa yang disajikan dalam bentuk gambar, grafik ataupun tulisan
♦ Merupakan komputer kombinasi dari komputer analog dan digital
♦ Mampu memproses data lebih cepat dari komputer digital dan lebih tepat dari computer analog
♦ Biasanya dipakai untuk aplikasi khusus

SUMBER : ILMU KOMPUTER.COM

Related Post:



0

0 komentar:

Posting Komentar

Read more: http://hzndi.blogspot.com/2012/07/cara-membuat-6-animasi-twitter-melayang.html#ixzz2MvMNOEhO

Ads 468x60px

Chat book

Featured Posts Coolbthemes

Jumlah Pengunjung

Gunakan Google Chrome Untuk Mendapatkan Tampilan Terbaik Blog Ini ( ^_^ )