Senin, 03 Desember 2012

Perbedaan antara teknologi digital dengan teknologi analog

Pertama-tama, kita perlu mengetahui tentang apa itu analog dan apa itu digital. Untuk lebih mudah dalam melihat perbedaan analog dan digital, sebaiknya digunakan contoh. Misalnya pada jam atau alat musik. Pada jam, jam analog adalah jamyang menggunakan jarum dalam kerjanya. Sedangkan jam digital adalah jam yang tidak menggunakan putaran jarum, tetapi menggunakan perubahan angka-angka yang menunjukkan waktu. Lalu, pada alat musik misalnya, maka alat-alat yang menggunakan instrumen standar seperti gitar, bas, dram, perkusi adalah alat musik analog. Tetapi alat-alat yang menggunakan instrumen elektronik seperti sampler, squencer, groovebox dan sebagainya adalah alat musik digital. Pemahaman konsep analog dan digital memang tidak hanya itu, kaerna definisinya masih banyak dan luas. Tapi setidaknya kedua contoh tersebut dapat memudahkan kita untuk mengetahui tentang analog dan digital.
Istilah digital adalah menunjuk kepada jari-jari kaki dan tangan, yang telah dipakai selama ribuan tahun untuk menghitung dan menggambarkan data-data numers. Teknologi digital pada dasarnya hanyalah siitem menghitung sangat cepat yang memproses semua bentuk informasi sebagai nilai-nilai numeris.
Sebelum terjadi perkembangan dari digital moder, hampir semua sistem menghitung dan komunikasi adalah analog. Teknologi analog pada dasarnya hanyalah alat yang sederhana dengan program yang tertentu saja seperti contohnya komputer analog. Komputer-komputer analog pada dasarnya adalah alat ukur. Mereka tanggap didalam mengukur kondsi-kondisi yang terus berubah. Komputer analog biasa dipasang dalam mesin-mesin untuk memberikan sebuah informasi dan kendali otomatis.
Namun meski sangat berguna, semua komputer analog buatan manusia memiliki kelemahan besar yaitu mereka tidak dapat mengukur cukup teliti. Masalahnya terletak pada kemampuan mereka untuk secara konsisten terus menerus merekam perubahan yang terus menerus terjadi. Pada setiap pengukuran, selalu terdapat peluang untuk keragu-raguan.
Kelebihan dan kekurangan teknologi analog :
Kelebihan
v Tidak mudah dimakan usia
v Biaya yang digunakan murah
v Hasil yang didapatkan dapat diuji ketepatannya
Kelemahan
v Tidak efesien
v Lambat pengoperasiannya.
Berbeda dengan komputer analog, komputer digital mampu melakukan pengukuran yang jauh lebih tepat karena komputer tersebut tidak melakukan keragu-raguan serta cukup teliti dan cepat.
Kelebihan dan kelemahan teknologi digital :
Kelebihan
v Memberikan kemudahan dalam penggunaan
v Error selaludapat di koreksi
v Memproduksi data terbatas
Kelemahan
v Malas berfikir
v Tidak tahan lama
v Memerlukan singkronasi.
Teknologi digital menggunakan sistem bit dan bite, untuk menyimpan dan memproses data, sistem digital mempekerjakan sejumlah besar switch listrik mikroskopis yang hanya memiliki dua keadaan atau nilai. Switch biner ini bisa dalam keadaan on atau off, satu atau nol, ya atau tidak, hitam atau putih.

SUMBER : ILMU KOMPUTER.COM

Related Post:



0

0 komentar:

Poskan Komentar

Read more: http://hzndi.blogspot.com/2012/07/cara-membuat-6-animasi-twitter-melayang.html#ixzz2MvMNOEhO

Ads 468x60px

Chat book

Featured Posts Coolbthemes

Jumlah Pengunjung

Pencarian

Memuat...
Gunakan Google Chrome Untuk Mendapatkan Tampilan Terbaik Blog Ini ( ^_^ )