Rabu, 05 Desember 2012

Tips dan trik membeli barang melalui internet

 Dengan berkembangnya kemajuan teknologi yang sangat pesat, maka banyak orang-orang yang lebih memilih untuk berjual-beli melalui internet. Hal ini bahkan sempat menjadi trend tersendiri dalam dunia internet di Indonesia. Kemajuan teknologi ini tentu mempunyai dampak yang positif bagi kedua belah pihak baik si penjual maupun si pembeli, namun sayangnya hal ini justru digunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mengelabui korban dalam jual beli online ini.
Maka disini saya akan coba memaparkan tips dan trik yang mungkin akan berguna untuk meningkatkan kewaspadaan kalian dalam melakukan transaksi melalui internet.


SUMBER : KLIK BELAJAR.COM
 

Bagi Pembeli :
tips 1 : Jangan pernah bertransaksi dengan seseorang/pihak yang sumbernya anda dapat dari situs-situs yang tidak terpercaya.
tips 2 : Curigai apabila barang yang ditawarkan jauh dibawah dari harga pasaran.
tips 3 : Apabila barang yang ditawarkan tidak disertai dengan gambar maka mintalah agar si penjual memasang gambarnya, apabila sang penjual terlihat mengelak dengan berbagai alasan, segera hindari penjual tersebut.
tips 4 : Jangan pernah mau apabila si penjual menyuruh anda untuk menransfer sejumlah uang ke rekening penjual sebagai DP (down payment/uang muka) terlebih dahulu
tips 5 : Jangan takut dan keburu-buru mengambil tindakan apabila penjual mengatakan kepada anda apabila barangnya takut dibeli oleh orang lain. (Kebanyakan modus penipuan di internet dilakukan dengan cara seperti ini, sehingga pembeli mau menransfer sejumlah uang sbagai DP)
tips 6 : Apabila anda membeli dari suatu forum, maka cari nickname/username dari sang penjual di google atau search engine lainnya untuk mencari referensi tentang penjual.
tips 7 : Kenali penjual dari nomor HP-nya. Apabila sang penjual memberikan nomor HP yang mengindikasikan bahwa nomor tersebut adalah nomor-nomor lama (sudah lama digunakan) maka mungkin anda dapat memberikan sedikit kepercayaan kepada sang penjual tentunya setelah anda mengecek kebenaran nomor tersebut adalah nomor sang penjual[...]
tips 8 : Apabila anda dan penjual masih berada dalam satu kota, maka utamakan COD (cash on demand), bertemu dengan penjual di suatu tempat dan penjual membawa barang yang dijual.
tips 9 : Lihatlah testimonial tentang sang penjual dari pembeli-pembeli sebelumnya dan pastikan bahwa testimonial tersebut bukan rekayasa
tips 10 : Tes penjual dengan mengajaknya COD, apabila sang penjual berani menerima tantangan anda :-) , maka anda mungkin bisa percaya kepada dia, walaupun sebenarnya anda tidak ada niatan untuk melakukan COD, hal ini hanyalah sebagai gertakan kepada penjual dan mengetahui apa dia seorang penjual yang jujur atau tidak.

Related Post:



0

0 komentar:

Posting Komentar

Read more: http://hzndi.blogspot.com/2012/07/cara-membuat-6-animasi-twitter-melayang.html#ixzz2MvMNOEhO

Ads 468x60px

Chat book

Featured Posts Coolbthemes

Jumlah Pengunjung

Gunakan Google Chrome Untuk Mendapatkan Tampilan Terbaik Blog Ini ( ^_^ )